Laman

Selasa, 22 Februari 2011

Bahan Kue : Tentang Telur...

Ehm...siapa yang ga tau telur yah...ga mungkin deh yaww...kandungan gizi yang tinggi dan rasa-nya yang enak gurih cocok buat aneka masakan membuatnya punya banyak penggemar (termasuk akuuu)....asal ga dikonsumsi berlebihan ajah...(ga berlaku untuk yang alergi sama telur nih). Dalam pembuatan cake telur merupakan salah satu komponen penting (tergantung resep juga sih). Yukss kita kenali lebih dalam....

Kadang kita suka bingung memilih telur padahal kualitas telur juga mempengaruhi kualitas cake yang kita buat, telur yang segar memiliki ciri putih telur yang agak kental/tidak encer jadi waktu kita pecahkan kuningnya masih utuh dan putihnya tidak cair. Nah berikut ini ada panduan bagaimana cara memilih telur yang baik (source wikipedia):
  1. Kondisi cangkang telur tidak retak
  2. Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  3. Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap
  4. Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda
  5. Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar
  6. Tenggelam di dalam air jika dimasukkan ke dalam air tidak terapung
  7. Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur
  8. Baunya normal tidak berbau busuk
  9. Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidan ceper sekali
  10. Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3
 Tips: Lebih bagus kalo punya langganan agen telur jadi bisa dapet info kalo ada telur yang baru

Berapa sih berat telur sesungguhnya?
Ada beberapa versi tentang berat telur ini dan sebenarnya juga tergantung besar kecilnya, menurut wikipedia ukuran berat telur yang normal sekitar 50-55gr dengan komposisi (17gr kuning dan 38gr putih), namun versi lain mengatakan berat ukuran sedang/normal (1kg=16 butir) sekitar 60gr dengan komposisi 20gr kuning dan 40gr putih. Kalo aku cenderung memilih telur yang normal/agak besar jadi aku pake patokan yg 60gr itu.

Apa pentingnya telur sebagai salah satu bahan pembuatan cake/kue?
komposisi penggunaan telur sangat mempengaruhi tekstur cake/kue yang kita hasilkan, telur dikategorikan sebagai bahan cair yang berfungsi melembabkan dan melembutkan oleh karena itu cake yang menggunakan telur utuh dan cake yang menggunakan hanya kuning telur saja memiliki tekstur dan tingkat kelembutan/kepadatan yang berbeda. Coba deh utak atik resep hanya dengan merubah komposisi telurnya pasti hasilnya berbeda.

Sekian dulu tentang telur... semoga bermanfaat
Selamat berburu telur dan ciptakan resep baru... :)

0 komentar:

Posting Komentar